Jurnal Pemalang – Perumda Air Minum Tirta Mulia atau PDAM Kabupaten Pemalang meluncurkan inovasi aplikasi SiTirta Mobile.
SiTirta Mobile diluncurkan dalam acara halal bihalal yang dihadiri Wakil Bupati Pemalang Nurkholes, di halaman kantor PDAM setempat, Rabu (16/4/2025)
Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia, Slamet Efendi mengatakan, aplikasi SiTirta Mobile merupakan inovasi PDAM Pemalang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Menurutnya, inovasi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih transparan dan responsif.
Melalui aplikasi SiTirta Mobile, masyarakat mendapat kemudah dalam mengakses layanan air minum maupun pengaduan.
“Dengan diluncurkannya aplikasi SiTirta Mobile, pihaknya ingin memberikan kemudahan para pelanggan dalam mengakses layanan dan menyampaikan pengaduan,” katanya.
“Inovasi ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan transparansi dan responsivitas layanan kami,” imbuhnya.
Sementara itu, Manager IT PDAM Pemalang, Budi Harsudiono Seto Aji menambahkan, aplikasi SiTirta Mobile yang diluncurkan juga telah terintegrasi dengan berbagai teknologi terkini.
Beberapa manfaat yang dapat dirasakan pelanggan yaitu kemudahan dalam penyampaian aduan, akurasi lokasi pengaduan, serta waktu respon yang lebih cepat.
Selain itu, lanjut dia, pelanggan juga dapat memonitor progres pengaduannya, mengetahui status pengaduannya apakah sudah diproses atau selesai, sekaligus hasil penyelesaiannya.
“Fitur pengaduan yang terintegrasi di aplikasi SiTirta Mobile memungkinkan pelanggan untuk menyampaikan aduan dengan lebih mudah, memantau progres aduan mereka, dan mendapatkan notifikasi terkait gangguan layanan secara real-time,” ujarnya.
“Semua Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memodernisasi layanan dan mempercepat waktu respon,” pungkasnya.**