Ratusan Pelaku Usaha Jateng Dilatih Melek Digital, Nawal Yasin Tekankan 3 Kunci Gaet Pelanggan

By Fahroji
4 Min Read
Nawal Arafah Yasin

JURNAL PEMALANG – Ratusan pelaku usaha dari berbagai jenis usaha di Jawa Tengah mengikuti kegiatan Pelatihan Melek Digital bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM), di Gedung Merah Putih, Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Rabu (3/12/2025).

Pelatihan tersebut digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jateng, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jateng.

Pada kesempatan itu, Ketua Dekranasda Jateng, Nawal Arafah Yasin mengatakan, potensi produk UMKM di Jateng luar biasa. Pihaknya mendorong para pelaku usaha, untuk beradaptasi dengan tantangan dunia digital.

Dikatakan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), UMKM di Jateng dan DI Yogyakarta menjadi yang terbanyak di Indonesia, dengan jumlah mencapai 996.951 usaha atau 22,15 persen dari total UMKM nasional.

“Jawa Tengah memiliki produk yang sangat luar biasa. Sekarang kita berikan satu solusi tidak hanya pemasarannya konvensional, tetapi juga menggunakan digital,” ujar Nawal seusai membuka pelatihan.

Kegiatan pelatihan itu juga sejalan dengan program Gubernur Ahmad Luthfi dan Wakil Gubernur Taj Yasin, dalam pemberdayaan pelaku UMKM. Bahkan, UMKM adalah salah satu sektor penggerak ekonomi daerah.

Nawal mengungkapkan, Dekranasda Jateng tidak hanya memfasilitasi pelatihan, tetapi ikut memasarkan produk-produk UMKM supaya bisa naik kelas dan mampu bersaing dengan produk internasional.

“Harapannya dari pelatihan ini, semakin banyak IKM dan UKM yang bisa naik kelas, dengan dia juga bisa memasarkan secara digital yang tentunya cost-nya lebih murah,” beber istri Wakil Gubernur Jateng tersebut.

Menurut Nawal, pemasaran digital tidak sekadar mengunggah produk di media sosial. Dia menekankan, tiga kunci penting yang harus dikuasai pelaku usaha untuk menggaet pelanggan.

Pertama, yakni memperhatikan traffic. Pelaku usaha harus memiliki kreativitas dalam memasarkan produk di platform digital, agar dapat menjangkau audiens luas dan mendapatkan banyak kunjungan.

“Kedua, konversi, ini bagaimana dia diajarkan copywriting, dia membuat iklan, dan dia juga harus bisa memiliki teknik caranya closing. Sehingga, bukan hanya melihat saja, tapi konsumen juga beli,” imbuh Ketua TP PKK Jateng ini.

Share This Article
Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *